Cara Setting Windows 7 jadi Arabic

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Windows XP, tentu sudah mengetahui bagaimana cara mensetting Windows Xp anda agar bisa digunakan untuk mengetik teks Arabic di Ms. Word dan aplikasi-aplikasi lainya, namun mungkin belum tentu dengan PC yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Padahal untuk mensetting Windows 7 agar bisa digunakan untuk mengetik teks arab lebih mudah dibandingkan pada Windows XP.

Jika setting arabic di Windows XP memerlukan CD instalasi (karena di Windows XP sendiri belum terintegrasi saat instalasi sehingga perlu penambahan lagi agar dapat mengetikkan teks Arab dalam data base Windows XP itu sendiri) maka berbeda dengan Windows 7, pada sistem operasi ini sangat mudah sekali melakukan setting karena tidak memerlukan installer Windows 7 seperti di Windows XP.

Caranya adalah masuk ke menu “Start” >> “Control Panel” >> Clock, Language and Region”, kemudian pilih “Keyboards and Languages” dan pilih tombol “Change Keyboards”

kemudian pilih tombol “Add” cari dan pilih “Arabic (Saudi Arabia)” kemudian klik tombol OK. Jangan lupa komputer di restart terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sampai di sini seting Windows 7 sudah selesai. Untuk mulai menggunakannya, silahkan buka Ms. Office. Untuk melakukan perubahan bahasa, anda bisa melakukannya di “Language Bar” yang ada di taskbar sebelah kanan atau dengan menggunakan shortcut “Alt+Shift” secara bersamaan.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana mengetik huruf-huruf Arab di keyboard standar, anda dapat memanfaatkan fungsi “On-Screen Keyboard” bawaan Windows 7 terkecuali bagi yang sudah hafal atau terbiasa mengetik teks Arab atau sudah menggunakan keyboard yang sudah mendukung input Arabic.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0

TOP

X